temanturatea.com

Nature Play di Pantai Enaknya Ngapain Aja?

Tidak hanya mandi dan membuat bangunan pasir, Nature Play di pantai akan semakin seru saat kita ajak anak ekplorasi pasir yang ada, mau tau apa aja? Yuk Simak aktivitas bermain di alam yang biasa saya lakukan bersama anak-anak berikut ini Wak😊


putrisarihati
Pantai berpasir yang landai menjadi tempat bermain yang seru untuk anak


Sebelum mulai mau polling dulu deh, uwak lebih suka main ke pantai berpasir atau pantai yang bertebing curam wak?

Setiap pantai memiliki karakter endapan pasir yang berbeda dan menarik untuk dipelajari bersama anak. Coba uwak perhatikan atau ingat-ingat perjalanan ke pantai yang pernah uwak datangi sebelumnya, apakah endapan pasir di pantai memiliki bentuk dan warna seragam antara satu pantai dengan pantai lainnya?

Kenapa bentuk dan warna pasir di pantai bisa beragam warnanya? ada yang putih, hitam bahkan pink. 

Sebenarnya ukuran butiran dan warna pasir di pantai berbeda-beda ditentukan oleh batuan asal pelapukan. Pasir yang proses terbentuknya didominasi oleh pelapukan batuan karang dan cangkang hewan laut memiliki warna yang relatif terang seperti pasir putih dan warna pink. Pasir jenis ini biasanya memiliki banyak kepingan serpihan coral yang mendominasi teksturnya. Heemm pasir berwarna pink? emangnya ada?



putrisarihati
Pasir pantai berwarna pink di TN Komodo


Foto di atas adalah dokumentasi saya waktu main ke Pink Beach di Taman Nasional Komodo tahun 2012 lalu. Yap Indonesia cukup beruntung punya Pink Beach karena tidak banyak pantai yang punya ciri khas pasir berwarna pink di seluruh dunia. Karena keunikan warna pasirnya, Pink Beach menjadi jadi salah satu destinasi favorit wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang datang ke Taman Nasional Komodo.

Lalu bagaimana dengan pasir pantai yang berwana kelabu? warna pasir pantai yang cenderung berwarna kelabu kehitaman didominasi oleh mineral besi. Pasir besi ini berwana abu-abu hingga kehitaman, berbutir sangat halus dengan ukuran antara 75 – 150 mikron. Pasir besi ini memiliki proses perjalanan yang cukup panjang untuk sampai ke pantai.


putrisarihati
Pasir besi memiliki ciri berwarna kehitaman

Tentu semua jenis pasir dapat dijadikan bangunan pasir yang megah bersama anak-anak ya Wak. Tapi ada jenis aktivitas lain yang bisa Uwak lakukan bersama anak, kita ajak mereka melihat lebih detail pasir yang mereka mainkan. Kita bisa ajak anak membedakan ukuran pasir dari beberapa spot di pantai, bahkan kita bisa mengajak anak mengeksplor keberadaan mineral besi dalam pasir pantai. Yuk, kita bahas detailnya satu-persatu ya Wak.


1.   Ajak Anak Membedakan Tekstur Pasir

Saat datang ke pantai dengan pasir yang terhampar luas, kita bisa mengajak anak berkeliling memperhatikan atau membawa beberapa ember/mangkuk untuk mengumpulkan pasir. Buat apa sih ngumpulin pasir? Karena setiap titik di pantai pasti memiliki tekstur pasir yang beragam, bisa jadi pasir yang kita temui di parkiran berbeda dengan pasir yang kita temui di sepanjang pecahnya gelombang.


putrisarihati
Ragam butiran pasir pantai dengan serpihan koral dan cangkang hewan laut


Kita ajak anak menjadi lebih teliti dan peka dengan lingkungan yang mereka datangi. Diskusikan kenapa pasir-pasir ini berbeda? Diskusi ini untuk memantik rasa ingin tahu mereka ya Wak, jangan takut tidak bisa menjawab pertanyaan anak. Kita bisa banget memposisikan diri sebagai orang tua yang juga suka belajar hal baru, jadi saat kita dan anak menemukan pertanyaan baru yang belum kita ketahui jawabannya kita bisa cari bersama dengan anak.

  
2.  
Bermain pasir besi

Ngaku deh wak kalo dulu kecilnya juga sering bermain dengan besi berani atau magnet? Bermain dengan pasir besi pasti juga udah kan Wak? Mungkin waktu Pelajaran IPA semasa Sekolah Dasar .

Jika beruntung datang ke destinasi pantai yang memiliki ciri pasir berwarna kelabu maka kita juga bisa mengajak anak bermain pasir besi loh Wak! Indonesia yang memiliki garis pantai terpanjang kedua setelah Kanada, memiliki potensi pasir besi dengan total sumberdaya 4.280 juta ton dengan derajad kemagnetan endapan pasir mencapai 65%.

 

putrisarihati
Ubur-ubur yang terdampar dan mineral besi di pasir pantai



Kita pun bisa sedikit berkisah kepada mereka tentang asal muasal si pasir besi. Pasir besi di pantai terbentuk oleh hasil pelapukan batuan yang disebabkan oleh cuaca ataupun air permukaan yang kemudian tertransportasi dan diendapkan di sepanjang garis pantai. Jadi pasir besi ini berasal dari rombakan mineral besi yang berasal dari batuan vulkanik Wak.

Jika Pantai yang kita datangi memiliki pasir besi, pastilah daerah hulunya merupakan gunung api atau daerah yang memiliki batuan vulkanik. Lagi-lagi kita bisa ngajakin anak bermain dengan pengetahuan mereka tentang keberadaan gunung api yang ada di sekitar Pantai. Nama Gunung apinya apa? dan sungai besar yang mungkin mengangkut mineral besi dari daerah hulu sampai ke muara sungai dekat pantai nama sungainya apa?


putrisarihati
Ajak anak melihat Maps Via Google untuk melihat keberadaan Gunung Api dan Sungai


Tidak hanya bermain dan menstimulus semua area sensori anak, tapi kita bisa berdiskusi tentang pengetahuan umum selagi bermain dengan mereka. Wah paket komplit kan Wak!

Ciri yang paling bisa ditebak dari pasir besi adalah warnanya yang hitam kelabu, semakin banyak kandungan besi pada pasir pantai maka warnanya akan semakin kelabu. Kita bisa aja anak-anak untuk mengenali keberadaan pasir besi di pantai, ajak anak-anak melakukan percobaan sederhana menggunakan besi berani/magnet. Mudah kan Wak?

Kami di Jeneponto juga beruntung punya pantai dengan hamparan pasir besi yang cukup melimpah. Aktivitas nature play di pantai jadi makin banyak pilihan. Pasir Besi di Jeneponto dapat ditemui di 4 desa yaitu,  Punagaya, Bulo-Bulo, Kampala dan Pabiringa.

Endapan pasir besi ini berasal dari hasil rombakan batuan gunung api hasil erupsi Gunungapi Lompobatang yang kemudian terbawa oleh aliran Sungai Jeneponto sampai mencapai muara. Endapan ini kemudian terbawa gelombang laut dan terakumulasi  di sepanjang pantai. Ingin tau lebih detail tentang keberadaan pasir besi di Jeneponto, silahkan tonton video di bawah ini ya Wak




Selain mandi, membangun istana pasir dan bermain pasir besi, ada lagi satu aktivitas seru yang bisa uwak lakukan bersama anak, siapa tahu pantai tujuan main uwak dan keluarga punya tanaman rumput lari-lari.

 
3.  
Balapan Rumput Lari-Lari

Disebut rumput lari-lari karena rumput ini bisa “berlari” menggelinding saat tertiup angin. Rumput ini biasa dimanfaatkan anak-anak nelayan untuk permainan balapan, biasanya mereka akan memanfaatkan bunga rumput yang kering dan melepaskannya bersama-sama seolah sedang balapan. Permainan ini bisa dibilang ramah lingkungan karena tidak merusak ekosistem pantai, karena yang kita gunakan adalah bunga kering yang secara alami akan terbawa angin menyebarkan benih baru di sepanjang garis pantai.

 

putrisarihati
Tanaman rumput lari-lari


Dari ketiga ide aktivitas nature play di pantai yang saya tulis diatas, nomer berapa yang sudah atau paling sering Uwak praktekan bersama anak-anak?

 

Atau ada ide bermain di Pantai yang unik dan tidak kalah seru? bisa sharing di kolom komentar di bawah ya Wak, semoga bermanfaat :)

 

 

Refrensi;

Tim Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral. 2005. Pedoman Teknis Explorasi Pasir Besi. Jakarta. Pusat Sumber Daya Geologi.

Proceeding Pemaparan Hasil-Hasil Kegiatan Lapangan dan Non Lapangan Tahun 2008, Pusat Sumber Daya Geologi Eksplorasi Umum Pasir Besi Di Daerah Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan

29 komentar

  1. Wah pantai, kami tim suka ke pantai. Sejauh ini sudah ke pantai pasir putih dan hitam, belum ke pasir pink. Baru tahu ada balapan rumput lari

    BalasHapus
  2. Informasinya keren banget kak, pantai bagiku adalah tempat healing. MasyaAllah.. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaallah terimakasih Bu guru Gita ❤️ Tim yang suka dengerin deburan ombak 🙌

      Hapus
  3. Selain pasir kalau meliaht sekitar pantai ada banysk hal ysng bisa dijadikan permainan ya. Jadi mupeng pingin piknik ke pantai

    BalasHapus
  4. Aseeek nambah referensi aktivitas niii kalau kapan kapan sama anak2 main ke pantai. makasih mbaa infonya

    BalasHapus
  5. Wah infonya bagus banget. Ternyata selaun bermain di pantai, bisa juga ya mengedukasi anak-anak pengetahuan tentang jenis-jenis pasir. Jaman anak-anak saya masih kecil kok ngg kepikir ya mbak untuk edukasi ini. Main-main ke pantai ya cuma main aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaallah, bisa untuk media berkisah saat main dg cucu nantinya bu 😊 pasir di sekitar rumah pun tak Masalah

      Hapus
  6. Pantainya miriiiiip banget dengan pantai di Adipala - Cilacap. Dan aku baru tahu, kalau pantai dengan pasir besi di hulunya ada gunung berapi. hihi.. Semua mainan pernah dimainin waktu kecil. Termasuk mengejar tanaman rumput lari-lari, itu kalau di bawa pulang, dibakar bunyi-bunyi seperti ada letusan kecil seperti kembang api

    BalasHapus
  7. Banyak juga ya pilihan aktifitas menarik yang bisa dilakukan..

    BalasHapus
  8. Rumputnya bisa lari masyaAllah 😆 nggak ada ini kayaknya di pantai sini mbak. Seru banget bacanya, nice artikel mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hihi susah dikejar kalo angin kencang wkwkwk
      Makasih Ibook

      Hapus
  9. Seru nih buat ide bermain anak saat ke pantai

    BalasHapus
  10. Kalau aku pantai berpasir kak..duh jadi pengen main ke pantai:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa dimudahkan segera main ke pantai ya kak 😊

      Hapus
  11. Wah dosa ini bikin saya iri pengen ke pantai juga wak huhu. Agenda impian bersama keluarga yang belum tau kapan direalisasikannya ini. Btw suka videonya wak. Bikin lebih banyak lagi ya hehe, semangat. Agak ngeri2 dengan ubur-uburnya, takut nyetrum hiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe semangaat wak, semoga dimudahkan sekeluarga ke pantai. Makasih banyak Waaak😊

      Hapus
  12. Masyaallah terimakasih banyak kak 😊

    BalasHapus
  13. Saya ga terlalu suka main di pantai soalnya di sini Surabaya pantainya banyak sampah dan panas mbak. Tapi kalo ke pantai di daerah suka, cuma jarang banget soalnya jauuuh musti pake agenda liburan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhah kebanyang kak, dl aku ngukur pasang surut di kenjean,kecelup lumpur ya hihi, semangat kak

      Hapus
  14. Nice info Kak. Ternyata alam mengajar banyak hal untuk anak. Saya juga baru mendengar ada pasir besi dan rumput lari- lari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. thakyou ... alam bak buku yang g habis kita baca ya, semoga bermanfaat kak :)

      Hapus
  15. Wah, pantai. banyak informasi baru yang saya temui nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nambah ide main bareng anak2 di pantai ya Bu 😊

      Hapus