temanturatea.com

The Book You Wish Your Parents Had Read: Review

Buku wajib untuk semua orang tua (Orang tuamu wajib membaca buku ini dan anakmu akan senang jika kamu melakukannya) demikian tagline yang tertulis di sampul buku ini. Dan tagline ini benar adanya. Penasaran apa saja yang membuat buku ini panduan lengkap orang tua abad ini? simak ulasan berikut ya teman 😊

REVIEW BUKU PARENTING

Bagiku buku masih menjadi pilihan yang lebih nyaman untuk menyerap sebuah pengetahuan baru. Tak bisa dipungkiri memang banyak sekali materi tips parenting yang bisa saya dapatkan dari sosial media dan website yang bisa diakses secara gratis. 

Namun buku tetap menjadi pilihan yang nyaman karena memberikan perasaan tenang dan damai ketika membaca buku. Dimulai dengan niat dan kondisi fisik serta psikis yang siap sebelum mengambil buku dari rak, menjadikan informasi yang saya baca dalam buku lebih mudah dicerna secara mendalam dibandingkan dengan informasi yang tiba-tiba muncul di beranda sosial media.

Jujur dari sekian buku parenting yang berseliweran di beranda sosial media saya, buku The Book You Wish Your Parents Had Read ini langsung memikat hati karena judul dan pilihan desain sampul bukunya yang berwarna orange terang. 
Mirip dengan warna casing hape dan buku-buku tulis saya dahulu. Tapi apakah benar hanya judul dan warnanya saja yang menarik untuk dibedah? Tentu tidak. Buku ini banyak memberikan informasi yang membuka mata saya dan merefleksi tipe parenting yang saya jalani selama ini.

Buku ini dimulai dengan Pengantar dari dr. Aisah Dahlan, CHt, CM.NLP praktisi Neuroparenting Skill yang berjudul Pola Asuh Tepat Membangun Rumah Ternyaman Untuk Anak. Dalam pengantarnya ibu Aisah menyampaikan bahwa pengasuhan tidak terbatas secara biologis saja, tetapi orang tua juga harus memastikan anak selalu dalam keadaan aman secara fisik, emosi, sosial, intelektual dan spiritual.


Penulis: Philippa perry
Diterbitkan Tahun 2022
Penerjemah: Leinovar
Penyunting: Hikmayati Diyas Nussa
Penerbit: Reneebook
Halaman: 392
ISBN: 978-623-6083-39-0



Ada enam poin bab yang bisa kita dapatkan dari buku ini, diantaranya:

· Warisan pengasuhan anda

· Lingkungan anak anda

· Perasaan

· Membangun landasan

· Syarat mental sehat

· Perilaku: semua adalah komunikasi


Di bagian penutup buku ini juga dilengkapi dengan bacaan/video/audio lanjutan pembahasan, epilog, index, dan tentang penulis.



Yang menyenangkan dari buku ini adalah beberapa kisah orang tua yang Philippa Perry kumpulkan dari hasil konselingnya dengan klien. Beberapa kisah itu bisa digunakan sebagai contoh profil orang tua dari berbagai sudut pandang dan masalah yang berbeda-beda. 

BUKU PARENTING
Sampul belakang buku


Menjadikan buku ini memiliki peluang pembaca yang terwakili dengan kisah-kisah tersebut. Philippa menggambarkan beban yang harus dipikul oleh setiap orang tua dan bagaimana orang tua menyikapinya.

Tanpa menggurui, Philippa dengan tenang menyatakan bahwa setiap orang tua memiliki batasan dan kapasitas emosional yang berbeda-beda. Karenanya buku ini dimulai dengan membahas warisan pengasuhan yang orang tua dapatkan sedari kecil. 

Bagian saya rasa cukup menguras energi karena benar-benar mengajak orang tua untuk menengok ke belakang mengenai pola asuh yang saya alami. Membaca bagian ini seperti sedang konsultasi dengan Philippa Perry secara langsung. Saya cukup banyak merenung membaca bagian ini. Bahkan saya beberapa kali mendiskusikan materi dalam buku bersama saudara kandung saya yang juga sudah menjadi orang tua.

Bab 2 dalam buku ini memuat materi menarik yang sebenarnya juga cocok dibaca oleh mereka yang masih single. Memahami bagaimana hubungan pasangan suami-istri yang baik, akan menjadi bekal para muda-mudi
mempersiapkan kehidupan pernikahan yang baik, karena hubungan pernikahan yang baik adalah cikal bakal pola asuh yang baik pula. 

Tidak salah jika slogan yang menyatakan buku ini adalah panduan orang tua. Karena Philippa Perry secara detail membahas poin-poin yang penting untuk orang tua sadari baik sebelum maupun bagi mereka yang telah menjadi orang tua.

Saat review buku ini ditulis sedang ramai tren yang viral di sosmed tentang generasi muda mudi yang membuat video menyapa calon anaknya di masa depan dan bercerita tentang bagaimana mereka telah berusaha menyiapkan diri untuk menjadi orang tua. Saya rasa membaca buku ini juga bisa banget menjadi bekal untuk generasi muda agar siap dengan pola pengasuhan yang baik bagi anak-anak mereka kelak. Untuk para orang tua yang saat ini mendapat amanah mendidik dan mendampingi anak, tentu buku ini juga bisa jadi sumber refrensi yang cocok. So, tetarik membaca?


Posting Komentar